Membuat Cake untuk Pertama Kali di Bungasari Innovation Center

No comments
Hai Foodies,

Tanggal 20 April kemarin, sehari sebelum hari Kartini gw bareng Kartini-Kartini masa kini yang tergabung dalam IDFB (Indonesian Food Blogger) ikutan baking class yang diadakan di Bungasari Innovation Center. Ya sekali-kali lah gabung sama para Kartini biar makin bisa memahami mereka. *kedipkedip*
Bungasari Innovation Center apa sih??

Sebelum membahas Bungasari Innovation Centernya mungkin gw mau ngebahas dulu tentang Bungasarinya ya. Ada yang tau Bungasari? Bungasari adalah merk Tepung yang merupakan industri tepung dari FKS (Indonesia), Malayan Four Mills (Malaysia) dan Toyota Tusho (Jepang). Dengan menggunakan teknologi modern mereka menghasilkan produk tepung yang berkualitas yang saat ini sudah dipasarkan di Indonesia. 

Produk Premium 1 Kg

Nah, PT Bungasari Flour Mills Indonesia ini mendirikan Bungasari Innovation Center untuk memperkenalkan produk-produk Bungasari ke konsumen dan juga dijadikan wadah untuk para konsumen yang ingin langsung belajar dan praktek membuat berbagai macam makanan yang berbahan dasar tepung.

Photo by Google

Dalam baking class kemarin, gw bersama 14 teman lain belajar membuat Sacher Cake dimana banyak diantara kita belum pernah membuat cake tersebut, bahkan belum pernah membuat cake sama sekali *tunjuk tangan*.
Dari 15 orang yang hadir dibagi menjadi 3 team untuk baking bersama sebelum kemudian menghias cake masing-masing. Proses baking tentu saja dibantu oleh 2 orang Chef yang sebelumnya sudah memberikan informasi detail tentang Tepung, Jenis Tepung dan segala sesuatu mengenai tepung sehingga kita bisa maksimal dalam membuat segala jenis makanan menggunakan tepung Bungasari.
 

Gw sendiri masuk ke team 3 bareng sama Mas Ryan, Mba OlineLiza dan Dion

Team 3. Photo by Bungasari

Kami membagi tugas agar semua pekerjaan menjadi simpel dan cepat. Dalam hal ini, Liza yang berperan banyak "memegang" bahan dan mengolahnya, yang lain kebagian menimbang bahan, bulak-balik ambil bahan tambahan dan bagian dokumentasi.
Walaupun resep sudah ada, tapi tetep aja ga afdol kalo ga nanya langsung ke Chef. Alhasil, 2 chef muter-muter ke masing-masing station untuk membantu.

Nah, yang mau tau resep membuat Sacher Cake bisa dilihat di gambar berikut yaa.. 

Photo by Mba Lia (Dapurtetangga)

Kegiatan paling seru pada proses membuat Sacher Cake ini adalah saat mencampur semua bahan-bahan terutama cokelatnya yang bikin "rebek" kemana-mana. Liza sangat cekatan loh membuat adonan, dia semangat dan bersusah payah mengadoni sampai akhirnya adonan cake dituang diloyang dan dimasukkan di oven .

Membuat Cokelat Glazing (Photo by Dion)

Baking dengan alat yang lengkap dan keren


Cake sedang d Oven
 
Daaan... setelah akhirnya matang, dari 3 team yang ada, team gw menempati urutan ke 2 untuk hasil cake yang bagus. Wah, ternyata dari resep yang sama bisa menghasilkan tekstur cake yang berbeda. Usut punya usut ternyata kalau baking itu jika sudah selesai harus segera dimasukkan ke oven, ga boleh berada diluar berlama-lama. Mungkin jadi masuk angin ya akhirnya, hahaha.

Cake yang sudah matang
Kini tiba saatnya menghias sendiri-sendiri Sacher Cake yang sudah jadi itu. Dalam hati, gampil kalo cuma menghias aja sih, tinggal plek-plek-plek. Selesai!!. Tapi kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan :((( Untuk melapisi cake dengan coklat saja susah banget, sudah ada alat bantu-pun tetap susah. Ujung-ujungnya minta bantuan chef nya juga. Hft.

Setelah dilapisi coklat, saatnya menyiram Sacher Cake dengan coklat cair yang sudah (dibantu) dibuat oleh Chef. Sudah disiram dan menunggu coklatnya sudah tidak menetes lagi, lalu Sacher Cake dimasukkan ke dalam kulkas dalam beberapa menit. Dan, Tadaaaa! Sudah jadi Sacher Cake nya tinggal dihias dengan toping sesuai selera. 


Hasil Cake sebelum dihias. Cakep kan? kayak yang megang hihi

Dan inilah hasil kreasi hiasan Sacher Cake gw, keren ga? hihihi. 

Sacher Cake by @akuadin dan team

Setelah selesai, akhirnya kami semua dapet Sertifikat Baking Class dari Bungasari Innovation Center. Seneng banget, selain bisa kumpul sama temen-temen IDFB gw juga mendapatkan ilmu baru membuat Cake. Semoga bisa diaplikasikan dirumah ya ilmunya.. Aamiin.

Aku, Temen2 IDFB, dan Chef

Buat foodies yang mau belajar Baking Class di Bungasari Innovation Center, mereka membuka kelas untuk umum dengan biaya yang sangat terjangkau. Untuk informasi terupdate slahkan diikuti social media Bungasari yaa..

Let's baking!

BUNGASARI INNOVATION CENTER
PT Bungasari Flour Mills Indonesia
Jl.Taman Pakubuwono 6 No.11 Jakarta Selatan
Phone : +62 21 724 3394

Instagram : @dapurinovasibungasari
Facebook : Bungasari Facebook 
Web  : www.bungasari.com

No comments :

Post a Comment