LEFTOVER - Mengolah Masakan 'Sisa' Menjadi Masakan Baru

10 comments
Hai Foodies..

Setelah sudah beberapa lama bergabung di Indonesian Food Blogger alias IDFB, banyak banget pengetahuan tentang kuliner yang gw dapet. Jadi ga cuma makan, akhirnya belajar masak, bikin kue, tau makanan makanan daerah, makanan baru dan juga istilah-istilah dalam dunia kuliner. Ga buat didalami banget biar jadi ahli kuliner sih, cuma sekedar mengisi waktu kosong kenapa enggak cari tau ini itu tentang kuliner, secara emang hobi (makan) juga :D

Kali ini gw tertarik dengan Cookblog Chalenge yang diadain IDFB ini, karena cookblog chalenge sebelum-sebelumnya masih belum berani dengan alasan 'takut' menghadapi temen temen idfb yang udah jago-jago, kali ini berani karena challengenya cukup mudah dengan bahan seadanya, hihi. Kok bisa bahan seadanya? karena Cookblog kali ini bertemakan LEFTOVER.

Leftover adalah memanfaatkan sisa makanan/masakan untuk diolah lagi menjadi makanan/masakan baru,  Penjelasan detail mengenai leftover dan juga mengenai challenge ini bisa dilihat di Cookblog Chalenge IDFB

Nah, kebetulan banget dengan tema tersebut gw menunggu nih masakan nyokap yang tersisa di kulkas, karena nyokap emang sering banget taro makanan dikulkas kalo ga abis. Entah akhirnya dibuang, dikasih ke ayam/bebek peliharaan saudara ataupun diangetin kalau masih bisa.Gw sendiri sih udah beberapa kali mengolah lagi alias leftover masakan sisa nyokap, karena pada dasarnya gw gak suka kalo liat makanan itu dibuang-buang, kalau makan sama temen2pun sering banget ngabisin makanan mereka yang ga abis, Gpp lah dijulukin tong sampah selama yang dimakan bukan sampah hihihihi.  

Hari ini kebetulan pas liat kulkas ada capcay semalam yang belum abis, dan juga ada bumbu pecel yang mungkin udah 1-2 minggu dikulkas. Entah kenapa ga ada mikir banyak mau diapain nih capcay, pas liat ada telor ayam langsung aja memutuskan buat FUYUNGHAI!! hahah.. gampang banget ga perlu berlama lama langsung deh dikeluarin bahan-bahan dari kulkas.

Bahan-Bahan.

1. Capcay kering (kalau ada kuah atau air sedikit tumisan bisa dibuang)
2. 2 Butir Telur Ayam
3. 2 sdm Tepung Terigu
4. Bubuk Cabai secukupnya
5. Lada bubuk secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Minyak goreng

Sisa Capcay Semalam


Semua bahan langsung aja dicampur jadi satu seperti  mau buat telur dadar, dan karena pagi tadi nyokap juga masak oseng Cumi Asin, gw tambahin aja beberapa potongan cumi untuk banyak-banyakin bahannya hihihi. Jadi lah isiannya lengkap ada bakso, sawi, wortel, buncis, cabe, kembang kol dan juga cumi. 
tambahkan langsung telur, bubuk cabe, terigu, cumi, lada, garam


Setelah semua bahan diaduk sampai rata, goreng di minyak panas dengan api yang sedang. Kalau mau bentuk fuyunghainya rapih bisa dicetak dulu menggunakan sendok sayur, caranya rendam sendok sayur ke minyak panas, kemudian ambil bahan sampai sebatas sendok sayur tersebut, rendam di minyak panas, digoyangkan lalu dilepas.

Tapi, karena gw orangnya ga sabaran, gw tuang aja menjadi 8 porsi kecil-kecil fuyunghainya so lebih gampang buat ngebolak-balikinnya. Setelah beberapa menit digoreng, jadilah FUYUNGHAI CAPCAY ala-ala leftover ini hihi

Goreng dehh


Nah, berhubung dirumah lagi ga ada saus tomat, alhasil bumbu pecel yang masih ada dikulkas menjadi pengganti saus asam-manis fuyunghai ini, tinggal ditambahkan air dan sedikit lada garam, jadilah Fuyunghai saus Pecel yang siap dinikmati untuk makan siang kali ini.
homemade bumbu pecel

Fuyunghai Saus Pecel

Alhamdulillah ga sia-sia karena ternyata orang rumah suka dengan hasilnya :D

So, buat foodies yang punya sisa masakan dikulkas, kalau masih bisa dimanfaatkan jangan lupa dikeluarkan ide kreatifnya untuk membuat masakan baru yaaa. Kalau buatnya dari sekarang sampai dengan 31 Januari, ikutan aja challenge IDFB ini.


Selamat Mencobaa

 

10 comments :

  1. Waah..idenya boleh juga nih ... mungkin bisa juga untuk leftover sayur sop kali ya??

    ReplyDelete
  2. iyaa asal kuahnya dibuang yaa hihi

    ReplyDelete
  3. wah mantap dah, bisa manfaatin barang bekas ..hehehe

    ReplyDelete
  4. wah bos mafia mampir.. iyaa nih.. kalo nasi bekas bisa jadi nasi goreng kan? haha

    ReplyDelete
  5. wahh keren mas idenya. kalau saya capcay sisa suka dipanasin terus sampai anyep. hahah....

    ReplyDelete
  6. Mama ku bgt nih yang suka mengolah makanan sisa jadi makanan baru. Dan emang meskipun makanan sisa kalo diolahnya "jago" pasti enak-enak aja ya dan gak akan serasa kalo itu diolah dari makanan sisa hehe


    theanandic.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. @inev.. haha daripada sayurannya jadi layu mending digoreng :p

    @anandic.. iyaa, harus kreatif kita :D

    ReplyDelete
  8. wah sama, saya juga bikin resep dari sisa capcay :)

    ReplyDelete